Tepung Hunkwe Bahan Kue Sehat

Tak lekang ditelan zaman, rasa jajanan es Hunkwe yang tidak kalah lezat dengan aneka resep dan rasa es krim modern lainnya di masa sekarang, mengapa dinamakan es Hunkwe? Tidak lain dikarenakan bahan utama pada resep es tradisional ini adalah berupa tepung yang disebut tepung Hunkwe. 

Tepung Hunkwe, Hunkwe powder, Mung bean Flour ataupun Mung Bean Starch demikian banyak penamaan jenis tepung ini. Tepung Hunkwe yang ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh manusia dan perawatan kecantikan selain bahan resep sehat pada kue, makanan dan minuman. 


Bagaimana cara membuat tepung Hunkwe? Pati kacang hijau merupakan bahan tepung Hunkwe, sebagaimana pengetahuan yang didapat dari buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-Bijian, pati kacang hijau didapat melalui proses ekstraksi basah, yaitu penumbukan biji kacang hijau hingga terbelah, perendaman dalam air selama 3 jam, penghilangan kulit yang dilanjutkan dengan proses penggilingan, penambahan air dan penyaringan. 

Proses pembuatan tepung Hunkwe yang berbeda dengan tepung kacang hijau, bagian filtratnya dibiarkan agar terjadi pengendapan pati, selanjutnya pati yang didapat dicuci bersih dan dikeringkan hingga menjadi tepung Hunkwe, sehingga ini yang menyebabkan warna tepung Hunkwe adalah putih, 

Bagi pembaca yang hobi mencoba aneka resep kue tradisional pasar, penggunaan tepung Hunkwe yang bisa digunakan sebagai bahan resep kue selain bahan pembuatan es Hunkwe, sebut saja kue lapis misalnya, puding hingga resep cendol yang juga bisa dibuat dengan bahan tepung Hunkwe. Mungkinkah tepung Hunkwe sebagai bahan makanan khusus untuk bubur bayi sebagaimana tepung Garut ataupun tepung Gasol yang Kita kenal? Manfaat Tepung Garut Untuk Makanan Bubur Bayi.

Berita baik bagi para ibu menyusui jika selain untuk bahan pembuatan es Hunkwe, aneka resep kue pasar dan cendol, kreasi resep berupa bubur susu dari tepung Hunkwe adalah satu dari sekian banyak resep yang menjadikan tepung Hunkwe direkomendasikan sebagai bahan makanan pendamping ASI bagi bayi (MPASI). 


Tepung Hunkwe yang bisa menyertakan bahan lainnya pada resep bubur bayi seperti kedelai, jagung, apel dan juga pisang. Ini artinya juga es Hunkwe yang bisa dibuat dalam banyak varian rasa seperti Cokelat, Pandan dan vanilla. Termasuk tepung Hunkwe yang biasa dijadikan campuran bahan pada resep pembuatan pasta kue, sebagaimana keterangan yang didapat dari Wise Geek tentang What is Mung Bean Flour? Baca juga Aroma Vanilla dan Bubur Bayi Sehat. 

Tepung Hunkwe jenis tepung sehat yang bebas gluten atau gluten free, selain itu kandungan nutrisi pada tepung ini juga terbilang mumpuni, Vigna Radiata adalah nama lain yang dikenal untuk tepung Hunkwe, tepung yang familiar sebagai bahan masakan kue di negara Asia seperti India, Jepang, Cina dan juga Indonesia. Selain bebas gluten, pada tepung Hunkwe terkandung nutrisi yang menyehatkan seperti kalsium, fosfor, magnesium dan mineral sehingga menjadikan tepung Hunkwe sebagai bahan tepung untuk bahan masakan berkaitan menu diet sehat. Baca juga jenis tepung bebas gluten lainnya pada Tepung Bebas Gluten Dari Biji Nangka.

Jika baking soda bisa dijadikan masker kecantikan alami untuk pengobatan jerawat, bagaimana dengan manfaat lainnya yang bisa didapat dari tepung Hunkwe sebagai bahan kue sehat?

Berita yang dikutip dari Underground Health Reporter, penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset study di Tiongkok, Feinstein Institute for Medical Research, tepung Hunkwe yang bermanfaat sebagai anti peradangan dan juga anti infeksi, kemudian beberapa manfaat tepung Hunkwe lainnya sebagaimana berita pada situs terkait untuk tepung Hunkwe yang terbuat dari bahan pati kacang hijau ini adalah, kandungan Fitoestrogen pada pati kacang hijau tepung Hunkwe dapat membantu mengatur hormon setelah menopause, mengurangi hot flashes dan mencegah osteoporosis, kandungan fitoestrogen yang bermanfaat juga mencegah anti penuaan, heeem, pantas saja jika tepung Hunkwe pun bisa dijadikan bahan body scrub sebagaimana baking soda.