Mengenal Ekstrak Vanilla Dan Pasta Vanilla

Bagi para ibu rumah tangga dan remaja wanita yang hobi membuat kue namun masih bingung membedakan antara pasta vanilla dengan vanilla ekstrak, semoga pengetahuan berikut dapat bermanfaat bersumber dari salah satu posting TidyMom, I’m Lovin It: Vanilla Bean Paste.

Baik itu pasta vanilla maupun ekstrak vanilla keduanya memang memiliki kemiripan yaitu sama-sama berwujud cair atau liquid, berwarna kehitaman dan penggunaannya sebagai pengharum atau pewangi pada makanan dan minuman, aneka resep kue, es krim dan kreasi dunia pastry lainnya, keduanya pun juga sama praktisnya, yang membedakan keduanya adalah bahan pencampur liquid yang ternyata membedakan antara vanilla pasta dan ekstrak vanilla.

Sebagaimana dijelaskan pada posting TidyMom, I’m Lovin It: Vanilla Bean Paste, vanilla ekstrak dalam proses pembuatannya adalah diinfusi dengan alkohol, sedangkan vanilla pasta dalam proses pembuatannya adalah diinfusi dengan sirup vanilla, sirup vanilla yang selain banyak dijual di pasaran di mana sirup ini sebenarnya juga bisa dibuat sendiri dengan bahan resep sederhana yaitu berupa vanilla beans batangan, air dan juga gula yang bisa ditambahkan ground vanilla powder atau vanilla bubuk alami berwarna cokelat kehitaman di dalamnya. Sebagaimana resep pada blog ini, Cara Membuat Pasta Vanilla?  

 
    Masih penasaran seperti apa sih cara pembuatan vanilla pasta dengan ujicaba resep dapur rumahan? Link video menarik  bersumber dari youtube semoga bisa menjawab rasa penasaran bedanya vanilla ekstrak dan vanilla pasta, resep aslinya bisa dilihat pada situs Master Pastry Chef Australia sebagaimana link berikut, Homemade Vanilla Bean Paste.

    Sebenarnya vanilla ekstrak adalah juga bisa dibuat dengan uji coba resep dapur rumahan, namun jika dalam proses pembuatannya yang mana harus dilakukan dengan infusi alkohol, tidak hanya sekedar sehat namun sajian hidangan dengan penggunaan bahan yang halal hendaknya senantiasa diperhatikan. Terlebih bahan resep vanilla pasta juga terbilang mudah didapat khususnya vanilla beans batangan dan ground vanilla powder yang sudah banyak tersedia pada toko baking, ataupun vanilla beans batangan yang bisa dibeli pada beberapa toko online saat ini. 


    Adakah cara membuat ekstrak vanilla tanpa bahan campuran alkohol? Atau adakah bahan substitusi alkohol pada resep ekstrak vanili? Vegetable glycerin diantaranya ataupun bisa juga dengan sirup jagung yang biasa dikenal dengan corn syrup. 

    Perbandingannya cukup 4 hingga 5 batang vanilla beans dengan 250 gram vegetable glycerin pada resep ekstrak vanilla rumahan. Keluarkan dahulu biji bagian dalam vanilla beans yang berwarna kehitaman, setelah itu dicampurkan pada mangkok yang berisikan vegetable glycerin. Aduk merata dan kemudian masukkan dalam botol plastik. Biarkan selama lebih kurang 6 minggu dan jangan buka tutup botol yang sudah berisikan vanilla bean dan vegetable glycerin tersebut. 

    Buah Vanilla Beans, Vanili Stick, Vanilla Kering, Vanili Batangan
    Rekomendasi pemesanan vanilla bean bubuk, 

    Kulit batang vanilla bean pun disertakan dalam botol berisikan vegetable glycerin. Atau kulit batang vanilla bean bisa dimasukkan dalam toples berisikan gula untuk aroma gula vanili. Aroma ekstrak vanilla akan mulai muncul pada akhir minggu pertama disertai perubahan warna pada larutan vegetable glycerin dalam botol dari semula bening dan tidak berbau menjadi wangi vanilla. Tempatkan botol ekstrak vanilla selama proses pembuatan terlindungi dari sinar matahari seperti disimpan dalam lemari makanan misalnya. 

     
    Pengetahuan ground vanilla powder atau bubuk vanilla, mungkin bubuk vanilla asli di Indonesia adalah belum begitu dikenal dan diketahui manfaatnya, penggunaan vanili bubuk sintetis atau imitasi yang bewarna putih dan pahit di lidah yang lebih diminati. Artikel sebelumnya pada blog tentang Flavor Vanilla Imitasi.  

    Bubuk vanilla asli dibuat dari kulit, biji dan batang buah vanilla bean yang digiling utuh sehingga tetap berwarna coklat kehitaman, perbandingannya adalah tiap 1/2 sendok makan bubuk vanilla alami atau ground vanilla powder yang sama dengan 1 batang utuh buah vanilla bean. Di Eropa, bubuk vanilla alami merupakan ingredient wajib bagi para chef restoran mewah yang mencampurnya dengan gula untuk menjadi produk ground vanilla sugar. Caranya adalah cukup 1/4 sendok makan bubuk vanilla yang dicampurkan dengan satu cangkir gula kemudian aduk merata, simpan selama 1 minggu pada jar atau toples plastik. 

    Tahukah pembaca? Tidak hanya sebatas untuk bahan pengharum kue makanan dan minuman, ekstrak vanilla dan pasta vanilla yang juga digunakan oleh para pemancing ikan untuk campuran adonan pada pembuatan resep umpan ikan. Aroma vanilla pada bahan umpan ikan yang ditetesi ekstrak vanilla ataupun pasta vanilla menjadikan ikan lebih tertarik untuk memakannya. Semoga bermanfaat.