Cerita Si Mungil Cupcake

Cupcake, kue kecil mungil yang menjadi salah satu resep kue favorit di kalangan para bakers. Kue yang begitu mungilnya sehingga bilamana dinikmati barangkali hanya cukup untuk satu orang saja. Para bakers di beberapa negara ada yang menyebut kue cupcake dengan sebutan kue peri dikarenakan bentuknya yang kecil dan mungil sebagaimana layaknya seorang peri.

Sejarah cupcake bermula dari seorang yang bernama Amelia Simmons dalam bukunya yang berjudul American Cookery, Amelia Simmons adalah orang pertama yang membuat resep cupcake di tahun 1796, penamaan Cupcake itu sendiri dikarenakan memang penakaran bahan kue ini yang sama dengan ukuran cup atau cangkir. Dokumentasi tentang resep cupcake juga dapat ditemukan pada buku Eliza Leslie’s Receipts cookbook di tahun 1828 dengan kumpulan resep cupcake yang diberi nama “Seventy-five Receipts for Pastry, Cakes, and Sweetmeats”. 

Sederhana dalam bahan kue yang digunakan namun mudah dalam praktik resep membuatnya, demikian semangat yang berlaku di kalangan para bakers untuk sebuah resep cupcake. Bahan kue yang digunakan dalam resep cupcake adalah tidak jauh berbeda dengan bahan kue pada umumnya namun hanya takarannya saja yang jauh lebih sedikit.


Bahan kue utama daripada cupcake diantaranya adalah mentega, gula, tepung dan juga telur. Seiring dengan perkembangan jaman dan selera lidah konsumen, kue cupcake yang ada sekarang ini semakin lebih berkembang dengan banyak variant rasa dan dekorasi frosting. Cokelat dan Vanilla adalah dua flavor variant cupcake yang menjadi favorit para bakers dunia.   

Keunikan lainnya daripada kue cupcake ini adalah, dikarenakan ukurannya yang memang sengaja dibuat kecil dan mungil, proses pematangan cupcake pada oven tentunya berbeda dengan kue biasa yang mungkin cukup menggunakan loyang, sebuah tempat cetakan panggang khusus untuk cupcake yang dikenal dengan sebutan nampan muffin, muffin tray, cupcake thin ataupun juga cupcake pan.

Kue cupcake termahal di dunia? Sebuah berita yang bersumber daripada web Tribun News Manado, cupcake emas yang menjadi hidangan sebuah kafe bernama Bloomsburys Cafee yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab, cupcake yang diberi nama Golden Phoenixe Cupcake ini selain terbuat dari bahan kue untuk resep cupcake pada umumnya di mana juga dilapisi bubuk emas 23 karat yang bisa dimakan. Untuk satu biji Golden cupcake maka harganya adalah sekitar Sembilan juta rupiah.